Saturday 6 July 2013

Kenali Trojan , Virus Signature , Worm

Apakah Trojan ?

Trojan adalah sebutan ringkas dari Trojan Horse yang secara luas dipergunakan untuk merujuk pada setiap program komputer yang mengundang pengguna untuk menjalankannya, namun dengan muatan tersembunyi yang bisa merusak dan berbahaya bagi komputer user. Biasanya, muatan ini dapat menginstal program lain yang berbahaya ke dalam sistem komputer user untuk melayani tujuan jangka panjang bagi hacker yang membuatnya.


Apakah Virus Signature ?

Virus Signature adalah salah satu istilah yang biasa dipergunakan dalam dunia antivirus. Virus Signature adalah algoritma yang secara unik mengidentifikasi tanda-tanda yang dimiliki oleh virus tertentu. Algoritma ini bisa berupa kode yang dibawa oleh virus itu sendiri ataupun perilaku yang dilakukan oleh virus tersebut. Contoh Virus Signature adalah sebagai berikut: ketika sebuah file mencoba melakukan aksi tertentu, maka antivirus akan menandai aksi tersebut dan memberitahukan kepada user untuk mengambil keputusan. Sebuah signature tunggal biasanya berisi informasi mengenai virus dalam jumlah banyak.


Apakah Worm ?

Worm adalah program yang secara aktif menduplikasi dan mengirimkan dirinya sendiri dalam sebuah jaringan (termasuk jaringan internet), untuk menginfeksi komputer lain. Sama halnya seperti virus, worm juga bisa mengandung muatan tertentu yang bisa merusak dan berbahaya. Perbedaan virus dan worm terletak pada pola penyebarannya. Untuk menyebarkan dirinya sendiri, virus membutuhkan intervensi atau interaksi pengguna, sedangkan worm tidak membutuhkannya, worm dapat menyebarkan dirinya sendiri tanpa dibantu oleh pengguna.

1 Komen:

  1. I have used AVG security for a few years, and I recommend this antivirus to everybody.

    ReplyDelete